23 March, 2015

Cara Optimasi SEO Onpage Blog

Cara Optimasi SEO Onpage Blog

Cara Optimasi SEO Onpage friendly pada blog - Perkembangan web development terus meningkat seiring dengan pesatnya pertumbuhan pengguna internet di Indonesia. Hal ini mendorong para pengguna internet untuk ikut turun meramaikan kancah perbloggeran di Indonesia, mereka tidak mau hanya menjadi penonton. Karena memang di zaman digital saat ini dibilang blog merupakan kebutuhan untuk setiap orang, minimal yakni blog personal.

Nah jika seorang sudah memiliki blog, baik personal maupun jenis blog lainnya. Tentu ia menginginkan blognya terindex dengan baik di mesin pencari, seperti Google, Yahoo, Bing, dan lainnya. Karena seperti kita ketahui bahwa pengguna situs mesin pencari merupakan potensi pengunjung yang paling besar atau biasa disebut traffic organik. Dimana blog yang berada di halaman pertama mesin pencari nantinya akan kedatangan traffic melimpah.Inilah yang membuat para blogger berlomba-lomba mengoptimasi SEO (Search Engine Optomazion)

Apa Itu SEO Onpage?

Terdapat lebih dari 200 faktor SEO yang digunakan oleh algoritma hummingbird Google untuk menentukan peringkat suatu halaman blog / website di peringkat halaman penelusuran Google atau SERP. Faktor SEO tersebut secara umum dibagi menjadi dua macam, yakni SEO onpage dan SEO offpage. Nah kali ini kita akan membahas mengenai SEO Onpage.

Optimasi SEO Onpage adalah usaha optimasi yang dilakukan pada atribut-atribut dalam sebuah halaman blog / website. Tujuan optimasi SEO onpage adalah meningkatkan nilai blog / website di mata robot algoritma search engine. Substansinya yakni agar search engine dapat lebih baik dalam mengindeks dan menulusuri setiap struktur halaman website /blog.

Bagaimana Cara Optimasi SEO?

Optimasi SEO Onpage ini wajib dilakukan oleh pemilik blog jika ingin situsnya populer, termasuk seorang pemula sekalipun. Optimasi SEO Onpage pada blogger sebenarnya sangat mudah dilakukan jika anda sudah punya ilmunya. Berbeda dengan optimasi Offpage, biarpun anda sudah punya ilmunya, tetap saja eksekusinya sulit dilakukan.

Jika anda pemilik blog ber-platform blogger maka anda harus paham mengenai atribut-atribut HTML. Karena beda halnya dengan blog ber-platform wordpress yang memiliki plugin yang bekerja secara semi otomatis untuk mengoptimasi seo blog, sementara blogspot hanya memiliki edit HTML untuk mengubah struktur template dalam mengoptimasi seo blog. Jadi atribut-atribut ini benar-benar anda harus kerjakan secara manual.

Apa Saja Atribut Optimasi SEO Onpage?

Berikut macam-macam atribut pada optimasi SEO Onpage yang harus anda diketahui:
  • Title tag
  • Nama Domain
  • Meta Description
  • URL
  • Dynamic Headings (h1, h2, h3, dst)
  • Alt tag pada gambar

Pahami ini :
Atribut diatas secara berurutan menentukan nilai optimasi SEO onpage sebuah halaman. Karena berurutan maka atribut yang disebutkan lebih dulu merupakan yang paling penting, kemudian menyusul atribut penting berikutnya dibawahnya.

Pada sebuah halaman, jika suatu kata tidak mengenakan satupun atribut di atas, maka kata itu tidak dianggap penting. Jika suatu kata mengenakan 1-3 atribut di atas, maka kata itu dianggap penting. Jika suatu kata muncul dalam semua atribut di atas, maka sudah pasti kata tersebut merupakan kata kunci yang paling penting di halaman itu.

Untuk mengetahui struktur HTML sebuah halaman guna mengetahui nilai optimasi seo onpage blog / web tersebut, caranya silahkan tekan CTRL+U. Hal ini dapat anda lakukan untuk melihat sejauh mana optimasi onpage yang dilakukan oleh pemilik blog/ website kompetitor. Karena berbicara optimasi onpage berarti memenangkan persaingan keyword.

Oke, selanjutnya silahkan pahami pembahasan masing-masing atribut dibawah ini. Untuk tutorial nya silahkan klik link yang terdapat didalam pembahasan tersebut.

Title Tag
Title Tag adalah judul dari sebuah halaman yang letaknya di bawah <head>. Pada suatu halaman, Title ini merupakan yang pertama kali di baca oleh robot pencarian. 
Cara terbaik mengisi title tag dengan menyisipkan kata kunci dan panjangnya tidak lebih dari 70 karakter.

Untuk tutorialnya penggunaan Title Tag silahkan baca artikel Cara Memasang Tittle Tag SEO Friendly Pada Blog

Meta Description
Meta description adalah ringkasan tentang isi sebuah halaman. tulisan ini akan muncul di snippet serp sebagai deskripsi atau penjelasan sebuah blog.
Buatlah meta description pada setiap halaman, karena selain faktor SEO onpage, meta tag ini juga akan menjadi snippet postingan dan dilihat oleh pengguna internet di halaman pencarian seperti Google. Jika snippet tidak menarik, tentu pencari dari google akan ragu mengklik postingan anda di SERP.

Untuk pemasangan Meta description ini harus memperhatikan beberapa hal, yaitu:
  • Panjangnya maksimal 153 karakter.
  • Tidak mengulang suatu kata lebih dari 2 kali
  • Tentu saja mengandung kata kunci yang relevan
Untuk tutorialnya penggunaan Meta Tag silahkan baca artikel Cara Pasang Meta Tag SEO Friendly

Nama Domain
Jika keyword yang anda incar sudah berada di nama domain. maka blog anda sudah memiliki satu poin SEO yang sangat kuat.

Misalnya keyword anda adalah masakan padang, maka robot mesin pencari akan lebih dominan melirik ke domain makananpadang.com dari pada domain makananenak.com

URL
URL atau permalink yang baik itu seharusnya berisikan domain.com/kategori/sub_kategori/judul_artikel. Contohnya seperti di bawah ini:
http://domain.com/blogging/seo/cara-optimasi-seo-onpage-blog
http://subdomain.blogspot.com/2015/03/cara-optimasi-seo-onpage-blog.html
Sebaiknya hindari membuat URL yang tidak jelas seperti di bawah ini.
http://domain.com/s91657365/name.php?id=5285719q24v988
http://subdomain.blogspot.com/2015/03/blog-post4.html
URL seperti di atas tidak mengandung keywords, dan menyia-nyiakan satu atribut yang penting dalam faktor SEO onpage. Ini contoh url yang tidak SEO, untuk itu usahakan untuk menulis url dengan nama judul agar SEO dan relevan dengan tag judul & meta description.

Dynamic Headings
- Judul Halaman <h1>
Judul halaman diberi tag h1 dan sudah pasti mengandung kata kunci.
- Judul Artikel <h2>
Judul artikel kita beri tag h2.
- Sub Judul Dalam Artikel <h3>
Sub judul di dalam artikel yang diberi tag h3 bisa dikatakan sebagai pelengkap, tapi dalam banyak kasus tambahan ini sangat baik dalam memperkuat onpage.

Untuk tutorialnya penggunaan Dynamic Headings silahkan baca artikel Membuat Dynamic Heading Blog Yang SEO Friendly

Alt Tag pada Gambar
Google tidak bisa membaca dan mengenali gambar, untuk itu kita harus memberitahu Google mengenai isi dari gambar dengan memberikan alt tag pada setiap gambar yang kita upload. Tujuan utama dari sebuah halaman web adalah memberikan informasi yang paling relevan kepada pembacanya, dan terkadang informasi itu dapat berupa gambar.

Untuk tutorialnya penggunaan Alt tag pada gambar silahkan baca artikel Cara Membuat Title dan Alt Gambar Secara Otomatis 

Artikel Terkait

Cara Optimasi SEO Onpage Blog
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

9 komentar

Anonymous
25 May, 2015 delete

SEO memang menjadi faktor penting buat trafik website, namun jangan hanya terpaku mengobrak abrik template HTML anda, ingat SEO offpage juga pengaruh besar terhadap perkembangan website anda, terutama trafik

Reply
avatar
Anonymous
25 May, 2015 delete

terima kasih trik seo nya gan, sukses yaa

Reply
avatar
25 May, 2015 delete

meski SEO punya pengaruh besar terhadap blog, namun ingat teman, CONTENT IS KING, jadi fokus juga ya dalam meningkatkan kualitas konten

Reply
avatar
26 May, 2015 delete

Offpage memang penting, apalagi backlink, namun bagi saya onpage jauh lebih diutamakan terhadap SERP, karena robot google bekerja terlebih dahulu pada kesehatan situs dan unsur2 didalamnya, barulah ia berlayar mengelilingi search engine utk memantau backlink situs tersebut :)

Reply
avatar
26 May, 2015 delete

dalam membuat konten juga akan lebih baik jika kita menanamkan SEO :)

Reply
avatar
26 May, 2015 delete

SEO terdengar sulit, tapi ketika dipraktekan sesuai tutorial agan jadi terasa mudah , terima kasih gan

Reply
avatar
01 August, 2015 delete

Terkadang terasa sulit bila kita menganggapnya sulit, tapi akan terasa mudah bila kita berfikir itu mudah. tips seo onpage nya keren, terus update ya gan supaya tetap manjur tips nya :)

Reply
avatar
02 August, 2015 delete

betul gan, yang penting mau belajar dan mempraktekannya.
Siap gan, terima kasih kunjungannya :)

Reply
avatar
06 November, 2015 delete

makasi infonya kunjungi juga gudanghp76.blogspot.com

Reply
avatar

Mari berkomentar dan berbagi info atau pengalaman Anda. Dan jangan SPAM!