20 January, 2015

Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Search Engine

Mendaftarkan Blog ke Google - Setelah kita membuat sebuah website atau blog baru, maka hal pertama yang terlintas dalam pikiran kita adalah bagaimana cara supaya blog kita dapat dikenali atau di index oleh mesin pencari seperti Google. 

Layaknya seorang artis yang bertujuan ingin terkenal dan mendapatkan banyak job, maka sudah tentu ia harus mendaftarkan diri ke manajemen artis terlebih dahulu. Karena dalam proses casting pemeran sutradara lebih memilih melibatkan manajemen agar lebih efesien kerjanya, daripada harus melakukan penjaringan sendiri per individu.

Nah hal itu juga berlaku untuk sebuah website atau blog dalam menjaring pengunjung. Karena kebanyakan pengguna internet lebih memilih menggunakan mesin pencari seperti google ketika sedang mencari informasi, dibandingkan menggunakan adresss bar dan mengetikan website nya.

Pada tahun 2011 Wall Street Journal merilis temuan bahwa Google dikunjungi sebanyak 1 miliar orang setiap bulannya. Angka yang fantastis dan sayang sekali jika tidak kita manfaatkan bukan?

Lalu bagaimana cara supaya blog bisa masuk di halaman hasil penelusuran Google? Artinya bila kita mengetik kata kunci pada google maka blog kita sudah terindex dan tampil di halaman google penelusuran. Jawabannya yaitu dengan submit url di Google Webmaster Tools.

Fitur submit url ini sengaja disediakan oleh Google Webmastertools untuk membantu para blogger yang ingin mempercepat proses index atau crawl yang dilakukan oleh robot-robot algorima. Karena setelah website atau blog di submit maka algoritma google akan langsung bergegas mampir dan memantau apa yang ada didalamnya.

Cara Mendaftarkan Blog Ke Search Engine


1. Login dahulu ke akun Google atau Gmail anda

2. Kemudian kunjungi : https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url

3. Akan muncul halaman submit url. Silahkan masukkan url blog anda dan tuliskan kode capctha yang tampil
Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Search Engine

4. Kemudian klik kirim permintaan dan selesai

Kemudian tunggu proses indeks dalam waktu maksimal 24 jam, maka hasilnya akan seperti ini.
Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Search Engine

Oh ya hal ini fitur submit url milik Google Webmaster Tools ini tidak hanya digunakan untuk url blog, melainkan juga bisa untuk url postingan atau sebuah halaman. 

Hal ini sangat berguna untuk blog yang bersifat up-to-date seperti niche berita, karena artikel harus segera dirilis dan dibaca pengunjung agar tidak basi, misalnya berita prediksi pertandingan sepak bola atau berita politik. 

Artikel Terkait

Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Search Engine
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

2 komentar

19 September, 2015 delete

makasih gan,
berarti tiap kali kita posting bs dftarin trs ya gan
makasih


http://kicau-jhonfay-jfsf.blogspot.co.id


Reply
avatar
19 September, 2015 delete

tergantung kalau ingin postingan cepat diindex ya lakukan submit postingan selalu, jika blog membahas berita terkini yang artikelnya akan basi jika membacanya besok, maka submit setiap postingan selalu.

sebenarnya nanti postingan akan otomatis diindex google selalu meski tanpa kita mensubmit nya di webmaster tools. Namun postingan membutuhkan waktu beberapa hari untuk di-index search engine secara otomatis, bahkan bagi blog baru dengan traffic rendah mungkin bisa 1 minggu di index nya.

Reply
avatar

Mari berkomentar dan berbagi info atau pengalaman Anda. Dan jangan SPAM!