10 December, 2015

Profil Pendiri Tokopedia, William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison

Profil Pendiri Tokopedia, William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison.

Di Tokopedia Banyak? TO-KO-PE-DI-A... Yaa, itulah kalimat yang sering kita dengar pada iklan di Televisi. Iklan situs marketplace online mall ini juga mungkin sering anda lihat di situs-situs besar lain saat anda mencari suatu informasi di internet. Tokopedia kini telah sukses menjadi perusahaan pemimpin marketplace terbesar di Indonesia. Lalu siapa orang dibalik kesuksesan Tokopedia? siapa pendiri Tokopedia?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai siapa pemilik Tokopedia dan pendiri Tokopedia, mari terlebih dulu kita bahas mengenai Apa itu Tokopedia?

Apa itu Tokopedia ?

Tokopedia adalah situs marketplace terpercaya yang mempertemukan antara penjual dan pembeli untuk bertransaksi online. Layaknya online mall, penjual bisa membuka lapak toko online nya sendiri untuk memajang produk jualannya, dan pembeli dapat mencari dan membeli produk yang mereka inginkan.

Diawal perilisan, saat banyak Startup dengan konsep serupa didirikan, Tokopedia pun awalnya mengalami banyak permasalahan, baik soal kekurangan pendanaan dan pegawai, sulitnya mencari mitra penjual, hingga sedikitnya konversi penjualan. Namun berkat kerja keras dan konsistensi, satu per satu masalah tersebut pun dapat teratasi.

Salah satu kunci kesuksesan Tokopedia yakni memberlakukan kebijakan tanpa potongan komisi untuk penjual. Mereka memilih untuk tidak memotong uang sepeserpun dari tiap transaksi yg terjadi di situsnya. Kini Tokopedia telah berhasil membangun komunitas penjual terpercaya. Hal inilah yg menjadikan bisnis Tokopedia terus tumbuh dan berkembang. Tercatat mereka kini telah memiliki volume transaksi mencapai lebih dari 3,2 juta produk dari ratusan ribu penjual setiap bulannya. Selain itu, Tokopedia kini berhasil dipandang sebagai mitra strategis bagi banyak bank dan perusahaan merchant.

Lalu siapa orang dibalik kesuksesan Tokopedia? beliau ialah pendiri Tokopedia, William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison.

Pendiri Tokopedia, William Tanuwijaya

Profil William Tanuwijaya, Pendiri Tokopedia Sekaligus CEO

William Tanuwijaya lahir di Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara pada tanggal 18 November 1981. Ia bersekolah hingga SMA di kampung halamannya, setelah lulus SMA ia kemudian kuliah di Universitas Bina Nusantara (BINUS) Jakarta. 

Semasa kuliah beliau rajin mencari pekerjaan sampingan untuk membiayai kuliahnya. Ketika masuk semester dua, bahkan ia bekerja sampingan di Warnet yang beroperasional mulai dari jam 9 malam sampai 9 pagi.

Setelah lulus kuliah, ia kemudian bekerja di sebuah perusahaan yang bergerak dibidang pengembangan software. Kemudian pada 2007, William bekerja di sebuah perusahaan situs forum jual beli, dimana ketika itu ia banyak menerima komplain pengguna mengenai transaksi penipuan.

Namun kelamaan, dia terbesit ide untuk mendirikan perusahaan internet sendiri. Dari sinilah, William melakukan riset tentang mengapa bisnis internet seakan-akan menjadi sarana kriminal bagi para pengguna yang tidak bertanggung jawab. Ia berfikir seharusnya internet bisa menjadi akses yang aman, sehingga akan sangat berguna untuk mempermudah aktivitas jual-beli online.

Ide Mendirikan Tokopedia

Dari idenya tersebut kemudian dia mulai membangun perusahaannya sendiri. Ide William Tanuwijaya mengenai tokopedia datang ketika ia menjadi moderator dalam forum online Kafegaul yang memiliki fasilitas jual beli di dalam website nya, hingga ia kemudian mulai terinpirasi untuk menciptakan startup baru yang nantinya berfungsi sebagai marketplace yang aman dan terpercaya.

Ia kemudian mengajak temannya, Leontinus Alpha Edison untuk mendirikan Tokopedia sebuah startup jual beli online yang menghubungkan penjual dan pembeli diseluruh Indonesia dengan biaya gratis. William membutuhkan modal besar untuk mewujudkan idenya tersebut, ia kemudian berusaha untuk mencari suntikan dana segar untuk membangun startup nya tersebut melalui perusahaan ventura (pemodal).

Leontinus Alpha Edison, Pendiri Tokopedia
Leontinus Alpha Edison

William Tanuwijaya kemudian mendatangi satu persatu orang yang ia kenal dengan maksud menawarkan investasi, mulai dari bos di tempat kerjanya hingga relasi bosnya. Ia mempresentasikan Tokopedia sebagai situs marketplace atau mall online tempat bertemunya penjual dan pembeli, dimana penjual dapat memasarkan produknya. 

William Tanuwijaya Mendirikan Tokopedia

Pada tanggal 6 Februari 2009, Tokopedia milik William Tanuwijaya resmi didirikan, dan resmi diluncurkan ke publik pada tanggal 17 Agustus 2009 setelah mendapatkan suntikan dana dari Investor. Kemudian Tokopedia bahkan sukses mendapatkan penghargaan sebagai e-commerce terbaik di Indonesia dari Bubu Awards.

Kemudian Tokopedia terus mendapatkan pendanaan dari para investor, mulai dari East Ventures tahun 2010, CyberAgent Venture di tahun 2011, Beenos di tahun 2012 dan Softbank pada tahun 2013. Tokopedia terus berkembang, bahkan pada tahun 2014 Tokopedia sukses mendapatkan rekor investasi dana terbesar se-Asia tenggara yakni sebesar 100 Juta US Dollar atau atau sekitar Rp 1,2 triliun dari Softbank Internet dan Sequoia Capital.

Hebatnya, perlu diketahui bahwa Softbank Internet adalah perusahaan ventura yang juga mendanai Alibaba. Sedangkan Sequoia Capital pernah mendanai Google, Apple dan Instagram. Sehingga investasi ini menjadi prestasi dan membawa nama Tokopedia ke permukaan dunia.

Ekspektasi William Tanuwijaya

Setelah berhasil mendapatkan suntikan dana segar 100 Juta US Dollar dari SoftBank, ke depan William Tanuwijaya ingin fokus meningkatkan value Tokopedia. Ia berkeiginan untuk menambah jumlah pegawai serta membangun kantor sendiri.

Selanjutnya untuk mendukung peningkatan brand awareness, kini ia menunjuk artis muda Isyana Sarasvati (pengganti Chelsea Islan) untuk menjadi brand ambassador. Nantinya Isyana akan mengikuti berbagai kegiatan promosi serta CSR (Corporate Social Responsibility) Tokopedia, seperti roadshow dan edukasi kepada pengusaha UMKM. Selain itu Isyana juga telah tampil dalam iklan televisi Tokopedia.

Demikian ulasan singkat mengenai Profil Pendiri Tokopedia, William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison 

Artikel Terkait

Profil Pendiri Tokopedia, William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

1 komentar:

29 April, 2016 delete

Para Generasi Muda yang hebat...

Reply
avatar

Mari berkomentar dan berbagi info atau pengalaman Anda. Dan jangan SPAM!